Rejang Lebong (Antara) - Dua pelajar SMK Negeri 3 Kabupaten Rejang Lebong, akan mewakili Provinsi Bengkulu, dalam ajang kompetensi siswa tingkat nasional di pertengahan Mei mendatang.

Menurut keterangan Kepala SMKN 3 Kabupaten Rejang Lebong, Asep Suparman, saat dihubungi di Rejang Lebong, Senin, mengatakan prestasi membanggakan tersebut setelah anak didiknya berhasil menjadi juara pertama lomba kompetensi siswa tingkat SMK se-Provinsi Bengkulu 2017.

"Kedua anak didik kami ini akan mewakili Provinsi Bengkulu di ajang nasional yang akan diselenggarakan di Kota Surakarta pada tanggal 14 sampai 20 Mei nanti," katanya.

Pada lomba uji kompetensi siswa ditingkat Provinsi Bengkulu beberapa pekan lalu kata dia, yang diperlombakan terkait dengan kemampuan siswa dalam berbudidaya baik dalam bidang peternakan dan perikanan.

Untuk bidang peternakan akan diwakili oleh Bimantoro siswa kelas XII agribisnis ternak unggas, dimana dalam lomba ini dia berhasil mempraktekkan cara budidaya ternak ayam broiler atau ayam putih.

Pada penilaiannya Bimantoro diminta untuk mempraktekkan pemilihan jenis anakan ayam dan kemudian dikelompokkan menjadi jantan dan betina. Kemudian tehnik memilih ayam yang sehat dan sakit, tata cara vaksinasi hingga pembedahan untuk melihat organ dalam ayam broiler.

Sedangkan seorang siswa SMKN3 Rejang Lebong lainnya yang akan mewakili daerah itu tambah dia, ialah Julian Rizki yang merupakan siswa kelas XII agribisnis perikanan. Julian Rizki berhasil memperaktekkan tentang tata cara budidaya ikan, mulai dari memilih indukan, mengawinkan hingga proses penetasan dan pemijahan telur.

Pihaknya sendiri kata Asep Suparman khusus dalam bidang perikanan sudah menjalin kerjasama dengan Sekolah Usaha Perikanan Menengah Provinsi Lampung dan Sumatera Barat. Sehingga kompetensi para siswanya sudah berstandar nasional dan internasional.

Sebelumnya pada 2016 lalu, dalam ajang yang sama yang diselenggarakan di Kota Malang, Jawa Timur, sekolah itu berhasil meraih peringkat empat tingkat nasional. Untuk itu dirinya menargetkan agar prestasi ini bisa ditingkatkan atau minimal dipertahankan.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017