Bengkulu (Antara) - Badan Urusan Logistik Divisi Regional Bengkulu menyediakan bawang putih dengan harga Rp45 ribu per kilogram atau lebih murah dari harga pasar yang mencapai Rp60 ribu per kilogram.

"Bawang putih mengalami lonjakan harga dalam sepekan ini sehingga Bulog menyediakan bawang dengan harga yang lebih murah," kata Kepala Bulog Divre Bengkulu, Subali Agung Gunawan di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan masyarakat dapat membeli bawang putih dengan harga yang lebih murah itu di sejumlah "outlet" atau gerai "rumah pangan kita" yang tersebar di kabupaten dan kota.

Ada 460 rumah pangan kita yang tersebar di kabupaten dan kota yang menyediakan bahan pangan murah, termasuk komoditas bawang putih.

"Rumah pangan ini sudah tersebar di kabupaten dan kota tapi memang lebih banyak di Kota Bengkulu dan Rejanglebong," tuturnya.

Subali mengatakan penjualan bawang putih dengan harga yang lebih murah itu diharapkan mampu menekan harga di pasar umum.

Pantauan harga bawang putih yang dijual di pasar tradisional Kota Bengkulu mencapai Rp60 ribu per kilogram.

Distributor bawang putih Putra Setiadi, mengatakan harga bawang putih mengalami kenaikan dalam sepekan terakhir dengan harga jual di tingkat distributor Rp46 ribu per kilogram.

"Kami pasok bawang putih dari Jakarta, memang dari sana sudah tinggi harganya," kata Putra.

Sementara harga bawang merah dijual Rp15 ribu per kilogram di tingkat distributor dan seharga Rp20 ribu per kilogram.***3***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017