Kepahiang (Antara) - Bupati Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, Hidayatullah Sjahid, akan meningkatkan pembangunan jalan baru dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan di daerah itu.

"Jalan TMMD ini akan segera ditingkatkan dengan pengerasan dan secara bertahap akan dilanjutkan menjadi jalan hotmiks," kata Bupati Hidayatullah saat berada di Rejang Lebong, Minggu.

Pembukaan jalan baru dalam program TMMD yang dilakukan oleh anggota TNI Kodim 0409 Rejang Lebong di wilayah kerjanya yang dibangun mulai 5 April-4 Mei lalu kata dia, saat ini sudah mulai dinikmati oleh warga tiga desa tersebar dalam dua kecamatan di Kepahiang.

Jalan baru yang dibuka anggota TNI tersebut tambah dia, akan ditingkat dan rencananya akan dimasukan dalam pembahasan APBD Perubahan Kepahiang 2017.

Peningkatan jalan ini sangat penting mengingat jalan itu merupakan jalan menuju lahan usaha pertanian, selain itu akses jalan baru ini juga bertujuan untuk pengembangan wilayah. Adanya jalan baru ini nantinya akan mendorong warga membuat pemukiman baru dipinggiran jalan baru di masing-masing kecamatan.

Sebelumnya Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol Kav Hendra S Nuryahya, menjelaskan program TMMD yang dilaksanakan dalam tiga desa di Kecamatan Merigi dan Ujan Mas di Kabupaten Kepahiang, berhasil merampungkan pembukaan jalan baru di daerah itu sepanjang lima kilometer.

Selain melakukan pembukaan jalan baru sepanjang 5 KM, program TMMD ini juga membuat jembatan beton, seterusnya pemasangan gorong-gorong tersebar di tujuh lokasi serta pembuatan tiga unit plat deuker. Sedangkan untuk kegiatan non fisiknya berupa penyuluhan bidang hukum dan pertanian.

Pelaksanaan TMMD ke 98 yang di gelar di Kabupaten Kepahiang terhitung sejak 5 April-4 Mei itu dilaksanakan di tiga lokasi berbeda dalam Kecamatan Merigi antara lain di Desa Durian Depun dan Pulo Geto dan Desa Pungguk Meranti, Kecamatan Ujang Mas, dengan melibatkan 122 anggota TNI, kemudian dibantu anggota Polres Kepahiang, PNS Pemkab Kepahiang dan masyarakat setempat.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017