Rejang Lebong (Antara) - Pejabat Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan proyek pembangunan Pasar Belitar di Kecamatan Sindang Kelingi segera ditenderkan.

Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Rejang Lebong Margono, di Rejang Lebong, Sabtu, menjelaskan proyek pembangunan Pasar Belitar tersebut saat ini masih pelelangan jasa konsultan perencanaan dan seterusnya akan dilakukan lelang kegiatan pembangunannya.

"Saat ini masih lelang paket jasa konsultan perencanaannya, sesudah ini akan dilelang paket fisik pembangunan Pasar Belitar tersebut," katanya lagi.

Pembangunan pasar tradisional Belitar itu, kata dia, akan dibangun di atas lahan seluas 0,5 hektare dengan tipe D yang dilengkapi sarana dan prasarana penunjang mulai dari kantor, musala, parkir, gapura, termasuk sarana jalan menuju pasar.

Pasar tradisional ini, katanya pula, pembangunannya akan menelan biaya hingga Rp4,3 miliar terdiri dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp3,8 miliar, dan Rp500 juta merupakan dana pendamping yang berasal dari APBD Rejang Lebong.

Selain akan menenderkan proyek pembangunan Pasar Belitar, kata Margono, pihaknya juga akan menenderkan tahap pertama pembangunan Pasar Kuliner, Rejang Lebong yang akan dibangun di Lapangan Setia Negara Curup, dan pada tahap pertama anggaran yang disiapkan sebesar Rp1,3 miliar.

Pembangunan pasar kuliner di daerah ini akan dilakukan dalam dua tahapan dengan perkiraan akan menelan biaya keseluruhan mencapai Rp3 miliar.

Selain akan membangun Pasar Blitar dan Pasar Kuliner, katanya pula, Pemkab Rejang Lebong ke depan akan membangun pasar tradisional dalam setiap kecamatan tersebar pada 15 kecamatan di daerah ini.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017