Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Sebanyak 525 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Bengkulu melakukan kuliah kerja nyata pada empat kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara.

Para mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke XV1 itu nantinya akan dilibatkan dalam panitia zakat dan fitra selama bulan Ramadhan, kata Ketua Panitia KKN IAIN Bengkulu Zulkarnain di Bengkulu, Senin.

Ia menjelaskan, lokasi ratusan mahasiswa KKN itu dilaksanakan di 72 desa dan kelurahan yang berada di Kecamatan Kerkap, Air Besi, Padang Jaya dan Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara. Program kerja mahasiswa yang dilaksanakan di lokasi KKN, sebagian besar berkaitan dengan suasana bulan suci Ramadhan.

Semua mahasiswa juga diharapkan tetap berada di lokasi KKN selama bulan puasa hingga Hari Raya Idul Fitri, untuk membimbing masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa. Selain terlibat langsung sebagai panitia zakat fitrah dan Shalat Hari Raya Idul Fitri, semua kelompok KKN juga bisa mengundang para dosen IAIN Bengkulu untuk

menjadi Imam serta Khatib Shalat Hari Raya Idul Fitri di lokasi KKN. Pimpinan Institut Agama Islam Negeri Bengkulu Sirajuddin mengatakan, ke 525 mahasiswa itu melaksanakan KKN hingga 30 Agustus dan dilepas 30 Juni 2012.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan adalah empersiapkan calon sarjana yang lebih menghayati dan memahami kompleksitas permasalahan yang dihadapi masyarakat. Selain itu mengembangkan pengetahuan agama, sikap dan keterampilan mahasiswa melalui penerapan ilmu agama Islam, ujarnya.(mhe*Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012