Rejang Lebong (Antara) - Perum Bulog Subdivisi Regional Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan penebusan beras sejahtera (rastra) di daerah itu baru dilakukan oleh lima kecamatan.

"Saat ini penebusan rastra di Rejang Lebong, terhitung sejak Januari hingga akhir Mei 2017 baru dilakukan oleh lima kecamatan, sedangkan 10 kecamatan lain belum melakukan penebusan," kata kepala Perum Bulog Subdivre Rejang Lebong Marakamin Siregar di Rejang Lebong, Senin.

Tingkat penebusan rastra oleh empat kecamatan di Rejang Lebong tersebut kata dia, baru mencapai 16,9 persen atau berkisar 271.725 kg dari pagu distribusi per semester sebanyak 1.931.850 kg.

Empat kecamatan yang sudah menebus Rastra ini meliputi Kecamatan Curup Utara, Kecamatan Bermani Ulu Raya, kemudian Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir dan Kecamatan Kota Padang.

Dia mengimbau kecamatan lain yang belum melakukan penebusan rastra agar segera menebusnya sehingga bisa langsung didistribusikan kepada warga yang berhak menerimanya guna memenuhi kebutuhan mereka terutama memasuki bulan puasa dan mendekati lebaran.

Sementara itu distribusi rastra untuk Kabupaten Kepahiang dan Lebong yang juga masuk dalam wilayah kerja Bulog Subdivre Rejang Lebong kata dia saat ini untuk Kabupaten Lebong masih nol persen dari per semester sebanyak 672,120 kg.

Berdasarkan informasi yang mereka terima belum adanya pencairan Rastra oleh Kabupaten Lebong, karena belum diusulkan karena terjadi perubahan data penerimanya di setiap desa dan kelurahan di wilayah itu.

Pihaknya sendiri kata Makaramin sudah mengirimkan surat ke Pemkab Lebong agar segera mengusulkan penebusan Rastra dengan melakukan penyetoran harga tebus Rastra (HTR) mengingat keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat kalangan kurang mampu.

Realisasi distribusi rastra di Kabupaten Kepahiang sudah mencapai 64,3 persen atau sekitar 463,005 kg dari pagu per semester sebanyak 863.910 kg.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017