Mukomuko (Antara) - Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menargetkan peningkatan puskesmas perawatan di Kecamatan Ipuh menjadi rumah sakit umum daerah (RSUD) pratama pada tahun 2018.

"Peningkatan puskesmas di Kecamatan Ipuh menjadi rumah sakit umum daerah pratama pada tahun 2018," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Jun Harto, di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, saat ini berdasarkan data yang masuk, puskesmas itu memenuhi syarat menjadi rumah sakit umum daerah pratama.

Apalagi melihat jumlah pasien yang berobat di puskesmas perawatan di Kecamatan Ipuh sangat ramai.

Dia mengatakan, instansinya membutuhkan lahan seluas dua hektare untuk membangun rumah sakit umum daerah pratama di wilayah tersebut.

Saat ini, katanya, instansinya hanya mengalokasikan dana pembangunan gedung dan pengadaan alat kesehatan untuk rumah sakit umum daerah pratama.

Menurutnya, instansi itu tidak memiliki anggaran pengadaan tanah untuk lokasi pembangunan rumah sakit umum daerah pratama.

Ia mengusulkan, anggaran pengadaan tanah untuk lokasi pembangunan rumah sakit umum daerah pratama itu pada Bagian Administrasi Pemerintahan sekretariat pemerintah setempat.

Dia berharap, pemerintah daerah setempat mengalokasikan anggaran untuk pengadaan tanah untuk lokasi pembangunan rumah sakit umum daerah pratama di Kecamatan Ipuh.

Ia mengusulkan, puskesmas di Kecamatan Ipuh menjadi rumah sakit umum daerah pratama karena jauh jarak tempuh masyarakat di wilayah itu ke RSUD setempat, yakni sejauh 100 kilometer.

Selain itu, katanya pula, pasien ramai yang berobat di puskesmas perawatan di Kecamatan Ipuh tersebut.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017