Bengkulu (Antara) - Gempa bumi berkekuatan 5,2 pada skala Richter mengguncang wilayah Bengkulu pada Rabu dini hari pukul 01:02 WIB dan getarannya dirasakan cukup kuat oleh warga setempat.

"Getarannya terasa cukup kuat, bahkan membuat kami sekeluarga terbangun dari tidur," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, Sudiyanto di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan mengatakan gempa tersebut berada pada lokasi 4.23 Lintang Selatan, 102.01 Bujur Timur atau berada pada 55 kilometer di sebelah Barat Daya Bengkulu, pada kedalaman 63 kilometer.

Gempa bumi yang getarannya turut dirasakan warga Kabupaten Seluma dan Bengkulu Tengah itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Menurut Sudiyanto, gempa tektonik itu terjadi akibat tumbukan lempeng Indoaustralia dan Eurasia yang memanjang di wilayah Barat Bengkulu.

Sejumlah warga Kota Bengkulu mengatakan getaran gempa yang berlangsung hanya beberapa detik itu terasa cukup kuat.

"Kejadiannya juga tepat aat lampu padam, jadi sempat bingung tapi bersyukur getaran berlangsung hanya beberapa detik," kata Irsan, warga Kelurahan Surabaya, Kota Bengkulu.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017