Mukomuko (Antara) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan penyaluran air bersih ke rumah pelanggannya yang tersebar di empat kecamatan di daerah itu mulai tahun 2018.

"Kalau pembangunan jaringan pipa perusahaan ini selesai tahun ini, selanjutnya penyaluran air bersih ke rumah pelanggan tahun 2018," kata Direktur PDAM Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko, Suryadi di Mukomuko, Sabtu.

Pemerintah setempat tahun ini mengalokasikan dana sekitar Rp17 miliar dalam APBD tahun ini untuk kegiatan pemasangan jaringan pipa PDAM sepanjang 17 kilometer dari Desa Pondok Kopi sampai Kecamatan Kota Mukomuko.

Suryadi menjelaskan, pemerintah setempat mengalokasikan dana untuk kegiatan pemasangan jaringan pipa perusahaan agar air bersih yang diterima sejumlah wilayah yang menggunakan sistem grafitasi dari hulu Sungai Selagan sampai ke Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia mengatakan, kalau sekarang ini pipa perusahaan tersebut terbatas hanya sampai di sejumlah desa di Kecamatan Selagan Raya dan Kecamatan Teras Terunjam.

Ia berharap, proyek pemasangan jaringan pipa perusahaan itu berjalan lancar. Sehingga air bersih bisa mengalir ke Kecamatan Air Dikit dan Kecamatan Kota Mukomuko.

Karena, menurutnya, jarak pipa perusahaan itu di Kecamatan Selagan Raya sangat ke Kecamatan Kota Mukomuko sangat jauh, yakni sejauh 17 kilometer.

"Mudah-mudahan air bersih sampai ke Kecamatan Kota Mukomuko," ujarnya pula.***4***

Pewarta: Feri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017