Rejang Lebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, bekerjasama dengan Perempuan Peduli Pembangunan Daerah Indonesia (P3DI) menggelar operasi katarak gratis yang diikuti ratusan warga daerah itu.

Menurut keterangan ketua panitia operasi katarak gratis RSUD Curup Curup, Hany Rosanita, mengatakan pelaksanaan kegiatan sosial itu d ilaksanakan 14-16 Juli, dimana hingga kemarin jumlah peserta yang akan mengikutinya mencapai 315 orang.

"Yang sudah mendaftar sampai hari ini sebanyak 315 orang, jumlah ini berkemungkinan akan terus bertambah karena masa pendaftarannya masih dibuka. Untuk peserta yang sudah terdaftar ini sudah kami bagi yakni 100 orang menjalani operasi hari pertama, hari kedua 115 orang dan hari ketiga 100 orang," katanya.

Para peserta operasi katarak ini kata dia, menjalani operasi di ruangan operasi yang sudah disiapkan RSUD Curup, dengan jumlah meja operasi sebanyak enam unit.

Operasi ini dilayani oleh 26 tenaga dokter yang didatangkan dari RS M Yunus Bengkulu sebanyak 11 orang dan 15 dokter spesialis mata lainnya berasal dari Kota Palembang, Provinsi Sumsel.

Ratusan pendaftar yang akan mengikuti bhakti sosial operasi katarak itu sendiri tambah dia, tidak semuanya bisa menjalani operasi karena harus menjalani pemeriksaan terlebih dahulu oleh petugas. Pemeriksaan selain untuk memastikan apakah calon peserta ini menderita katarak atau bukan, serta kondisi fisik kesehatan calon peserta.

Sementara itu Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastari saat memantau pelaksanaan operasi katarak yang di RSUD Curup, mengharapkan kegiatan sosial itu bisa berjalan lancar sehingga kalangan penderita katarak yang sebagian besar berasal dari Rejang Lebong kemudian dari beberapa kabupaten lainnya di Provinsi Bengkulu itu bisa di operasi.

"Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, oleh karena ini saya harap dukungan dari semuanya pihak. Selain itu kegiatan ini juga hendaknya bisa membantu penderita katarak terutama bagi masyarakat menengah ke bawah guna memulihkan pengihatannya kembali," ujar Wabup Iqbal Bastari.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017