Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Prakiraan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu menyebutkan, tinggi gelombang laut di perairan barat Enggano pada Kamis berpeluang empat meter, meskipun saat ini tingginya tiga meter.

Gelombang laut empat meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Banten hingga Selatan Nusa Tenggara Barat, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Famawati Soekarno Bengkulu Harist Syahid Hakim, Kamis.

Gelombang laut di perairan Bengkulu, katanya, rata-rata tiga meter, sedangkan angin di wilayah itu bertiup dari arah timur laut hingga barat daya dengan kecepatan antara 05-20 knots.

Angin di perairan Enggano bertiup dari arah Timur laut hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-20 knots, di wilayah itu berpeluang turun hujan ringan.

Sedangkan angin di perairan Samudra Hindia Barat Bengkulu juga bertiup dari arah Timur laut hingga Selatan dengan kecepatan antara 08-23 knots dan gelombang laut mencapai 3,5 meter.

Berdasarkan peringatan dini BMKG tinggi gelombang laut tiga meter juga berpeluang terjadi mulai dari perairan Aceh, perairan Seumelue, perairan Nias, perairan Mentawai, perairan Bengkulu hingga perairan Lampung.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan hujan berada di wilayah Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, perairan Aceh, perairan Mentawai dan Samudera Hindia Barat Nias hingga barat Mentawai.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah timur laut hingga Barat Daya dengan kecepatan 05-36 kilometer perjam atau 03-20 knots. Cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya berawan dan berpeluang hujan ringan pada sore hingga malam hari, suhu udara antara 23-31 drajat celcius dan kelembaban berkisar 65-96 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012