Bengkulu (Antara) - Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu menggelar sejumlah agenda wisata dalam kegiatan bertajuk "Festival Bumi Rafflesia 2017" untuk mempromosikan potensi pariwisata daerah itu.

"Festival ini diisi berbagai rangkaian kegiatan yang bertujuan mempromosikan pariwisata Bengkulu," kata Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu, Gotri Suyanto saat membuka Festival Bumi Rafflesia 2017 di kawasan wisata Pantai Panjang, Jumat.

Ia mengatakan agenda festival antara lain "family trip" yang diikuti sejumlah operator perjalanan wisata dan media massa, selanjutnya "fun bike around the city" yang mengambil rute pariwisata Bengkulu.

Selanjutnya festival kopi Bengkulu serta "triathlon 2017" untuk mewadahi para atlet sekaligus mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Bumi Rafflesia.

"Kegiatan ini juga menjadi barometer untuk Bengkulu menyelenggarakan tahun kunjungan wisata pada tahun 2020," kata dia.

Menurut Gotri, industri pariwisata menjadi salah satu prioritas pembangunan daerah untuk mengentaskan kemiskinan yang angkanya masih mencapai 16 persen dari total jumlah penduduk daerah ini.

Karena itu, pemerintah daerah mulai berbenah menyambut tahun kunjungan wisata itu, salah satunya memfasilitasi kegiatan yang bisa menonjolkan daya tarik wisata daerah.

"Festival kopi untuk menunjang industri kecil menengah yang juga berkontribusi menunjang industri pariwisata," ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Yudi Satria menambahkan festival ini sudah masuk dalam kalender kegiatan pariwisata daerah yang diharapkan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bengkulu.

Ia menambahkan, agenda Bengkulu Coffee Festival" menjadi ajang berkumpulnya para produsen kopi untuk memamerkan produk andalan mereka.

Dalam waktu yang sama juga akan digelar lokakarya kopi yang menghadirkan barista dan distributor kopi kelas nasional yang akan memberikan tips dan trik agar kopi lokal mampu menembus pasar internasional.

Sedangkan "Fun Bike Around The City" digelar dengan melibatkan masyarakat meramaikan festival ini dengan bersepeda santai melintasi objek wisata Kota Bengkulu antara lain pantai panjang, rumah pengasingan Bung Karno dan Benteng Marlborough. (adv)

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017