Mukomuko (Antara) - Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat melakukan survei untuk menetapkan lokasi pembukaan jalan penghubung daerah itu dengan Kabupaten Kerinci, Jambi, di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat.

"Kita sudah survei lokasi dan hasilnya diserahkan kepada pemerintah provinsi setempat," kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko, Yusup di Mukomuko, Kamis.

Pemerintah Provinsi Bengkulu mengambilalih pembukaan jalan penghubung Kabupaten Mukomuko degan Kabupaten Kerinci dalam Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS).

Ia mengatakan, selanjutnya pemprov yang mengusulkan pembukaan jalan kepada Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan.

"Kami sebatas menyiapkan data yang dibutuhkan oleh pemerintah provinsi," ujarnya.

Ia menyatakan, beberapa orang petugas instansi itu sudah melakukan survei di lokasi tersebut. di dalam lokasi tersebut sudah ada akses jalan masuk untuk sepeda motor.

Ia memperkirakan, jarak tempuh dari daerah itu ke Kabupaten Kerinci, Jambi, melewati jalan tersebut sekitar 30 hingga 40 kilometer.

Ia mengungkapkan, sejauh 12 kilometer dari daerah itu menuju lokasi kawasan hutan negara atau sebelum jalan memasuki kawasan TNKS, ada aktivitas PT Sifef Biodiversity Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang reboisasi kawasan hutan.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017