Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanin (Alsintan) dari Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) kepada 23 kelompok tani di daerah itu.

"Bantuan alsintan yang disalurkan kepada 23 kelompok tani tersebut terdiri atas traktor roda empat sebanyak tiga unit, hand traktor sebanyak 10 unit, dan 10 unit pompa air," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Edy Aprianto di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan penerima bantuan alsintan itu mayoritas kelompok tani yang berada dalam kawasan irigasi teknis.

"Sekarang ini pemerintah fokus meningkatkan produksi padi di areal persawahan dalam kawasan irigasi sehingga bantuan itu lebih banyak kepada petani petani sawah dalam kawasan irigasi teknis," ujarnya.

Kendati demikian, katanya, sebagian petani sawah tadah hujan tetap diberikan bantuan pompa air yang berfungsi menarik air dari sumur gali, sungai, air pembuangan, dan danau untuk pengairan sawahnya.

Ia menyebutkan pemerintah daerah dalam waktu dekat ini juga akan menerima bantuan alsintan berupa mesin penanam dan pemanen tanaman padi serta penambahan bantuan traktor untuk membajak sawah. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017