Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat tahun ini akan menghibahkan sedikitnya 17 ekor sapi kepada dua kelompok tani di daerah itu.

"Tahun ini kita akan membeli sebanyak 17 ekor sapi dan menghibahkannya kepada dua kelompok tani tersebut dari Kecamatan XIV Koto dan Desa Pelokan," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman, di Mukomuko, Minggu.

Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pertanian tahun ini membeli sebanyak 17 ekor sapi tersebut terdiri dari 15 ekor sapi betina dan dua ekor jantan.

Anggaran untuk pengadaan sebanyak 17 ekor sapi itu sebesar Rp170 juta yang bersumber dari APBD setempat.

Ia mengatakan, dua kelompok tani tersebut menerima hibah sapi itu masing-masing sebanyak delapan dan sembilan ekor sapi dari pemerintah setempat.

Ia mengatakan, program pengembangan sapi tersebut di wilayah tertentu yang berada jauh dari Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerah itu.

"Kita fokus pengembangan sapi ini di wilayah pedalaman untuk mengantisipasi hewan ternak tersebut dilepasliarkan di jalan raya di daerah ini," ujarnya.

Ia menargetkan, Pengadaan sapi itu mulai bulan September tahun ini.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017