Rejang Lebong (Antara) - Harga jual hewan kurban jenis sapi dan kambing di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mendekati hari raya Idul Adha di daerah itu saat ini mengalami kenaikan.

"Harga hewan kurban jenis sapi saat ini paling murah Rp12,5 juta sampai dengan Rp17 juta, kalau hari biasanya harga sapi ini berkisar Rp10 jutaan," kata Nurdin (56) seorang pedagang hewan kurban di lokasi Pasar Hewan Curup, Selasa.

Naiknya harga jual hewan kurban di daerah tersebut, kata dia, merupakan hal yang wajar mengingat banyak warga yang akan memotongnya pada hari raya Idul Adha yang akan datang, dimana kenaikannya bukan hanya terjadi pada jenis sapi saja melainkan juga pada jenis kambing dan domba.

Untuk hewan kurban jenis kambing, kata dia, kalangan pedagang hewan kurban membanderolnya dengan kisaran Rp2,6 juta sampai dengan Rp4 juta.

Harga ini mengalami kenaikan hingga 40 persen dari hari biasanya yang dijual berkisar Rp1,5 sampai dengan Rp2 jutaan.

"Selain terjadi kenaikan harga jualnya, saat ini juga banyak orang yang menjual ternak sapinya di Pasar Hewan ini. Jenis sapi yang banyak dijual disini merupakan jenis sapi Bali, kalau jenis lainnya biasanya di beli diluar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Kesehatan Hewan Curup drh Firi Asdianto mengatakan pihaknya saat ini tengah meningkatkan pengawasan penjualan hewan kurban terutama jenis sapi Bali yang berasal dari luar daerah, guna mengantisipasi menyebarnya virus Jembrana di daerah itu yang biasa menyerang sapi Bali.
***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017