Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan tahun ini sebanyak 19 kelompok usaha bersama nelayan menerima bantuan sarana perikanan tangkap berupa perahu, mesin tempel, dan alat penangkap ikan.

"Ada satu KUB nelayan yang menerima dua perahu beserta mesin tempel dan alat penangkap ikan," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Rahmad Hidayat, di Mukomuko, Rabu.

Pemkab tahun ini membeli sebanyak 20 perahu beserta mesin tempel dan alat tangkap ikan untuk kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di daerah itu.

Anggaran untuk membeli sebanyak 20 perahu komplit dengan 20 unit mesin tempel dan 20 seat jaring penangkap ikan sebesar Rp1,8 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun ini.

Ia mengatakan, unit layanan pelelangan segera melelang proyek pengadaan sebanyak 20 unit perahu motor untuk KUB nelayan tersebut.

"Saat ini sedang persiapan dokumen lelang proyek pengadaan sebanyak 20 unit perahu motor tersebut," ujarnya.

Ia menyebutkan, anggaran khusus untuk pengadaan sebanyak 20 unit perahu motor tersebut sekitar Rp900 juta. Perahu tersebut harus dari bahan piber.

Ia mengatakan, sebelumnya instansinya sudah membeli sebanyak 20 unit mesin tempel dan 20 set jaring penangkapan ikan untuk KUB nelayan di daerah tersebut.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017