Mukomuko (Antara) - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berharap tahun ini nelayan setempat mendapatkan bantuan jaring ikan untuk menggantikan pukat "trawl" yang merusak lingkungan dari pemerintah provinsi setempat.

"Kita berharap nelayan mendapatkan bantuan jaring ikan tersebut. Jaring ikan itu mengganti secara bertahap pukat trawl milik nelayan," kata Bupati Mukomuko Choirul Huda, di Mukomuko, Rabu.

Pemerintah provinsi setempat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan tahun ini membeli sebanyak 600 jaring ikan untuk nelayan di kabupaten/kota daerah itu, termasuk untuk nelayan Kabupaten Mukomuko.

Pemerintah Provinsi Bengkulu sebelumnya berencana memberikan sebagian jaring ikan untuk mengganti pukat trawl milik nelayan di Kabupaten Mukomuko.

Ia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi setempat terkait bantuan jaring ikan untuk mengganti pukat trawl milik nelayan setempat.

"Saat ini kami belum tahu sejauh mana realisasi penyaluran jaring ikan untuk nelayan di daerah ini," ujarnya.

Pemerintah daerah setempat mengharapkan bantuan jaring ikan dari pemerintah provinsi mengingat keterbatasan dana dalam APBD untuk membeli sarana perikanan tangkap untuk nelayan.

Selain itu, ia berharap, adanya bantuan jaring ikan untuk mengganti pukat trawl milik nelayan setempat dari pemerintah pusat.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017