Rejang Lebong (Antara) - Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di daerah itu saat ini mencapai 84 orang.

Menurut keterangan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Harmansyah di Rejang Lebong, Jumat jumlah ODHA itu terhitung sejak 2011 sampai dengan pertengahan 2017.

"Untuk tahun ini saja terhitung dari Januari sampai akhir Juli sudah tercatat enam orang yang terinfeksi virus HIV/AIDS, diluar jumlah yang ada sebelumnya," kata dia.

Jumlah penderita HIV/AIDS di daerah itu kata dia, diketahui dari hasil pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan di Puskesmas dan rumah sakit yang menyediakan layanan pemeriksaan penyakit tersebut, kalangan ini umumnya bekerja di luar daerah dan kembali ke Rejang Lebong dalam kondisi sudah tertular HIV/AIDS.

Kalangan ODHA yang ada di daerah itu saat ini yang masih hidup dan menjalani perawatan di rumah sakit setempat tambah dia, tinggal beberapa belas orang saja sedangkan yang lainnya sudah meninggal dunia.

Untuk mengetahui secara dini penyebaran penyakit ini Dinas Kesehatan Rejang Lebong sejak beberapa tahun belakangan melakukan program pemeriksaan HIV/AIDS kepada para ibu hamil dalam 15 kecamatan di daerah itu.

Kalangan ibu hamil yang diperiksa oleh petugas kesehatan ini ialah warga yang tinggal di wilayah kerja tujuh dari 21 Puskesmas Rejang Lebong yang sudah memiliki fasilitasi pemeriksaan HIV/AIDS yakni Puskesmas Curup di Kecamatan Curup, Puskesmas Perumnas Kecamatan Curup Tengah.

Kemudian di RSUD Curup, Puskesmas Kampung Delima Kecamatan Curup Timur, seterusnya Puskesmas Curup Timur, Puskesmas Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang dan Puskesmas Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Pemeriksaan ibu hamil itu kata Harmansyah, karena mereka sangat berisiko menularkan ke orang lain terutama saat proses persalinannya. Petugas kesehatan berupa bidan dan perawat yang memberikan pertolongan juga berisiko ditularkan begitu juga dengan bayinya juga akan dinyatakan positip jika ibunya mengidap HIV/AIDS.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017