Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berharap adanya bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk sebanyak 20 kelompok tani di daerah itu dari pemerintah pusat.

"Kita berharap bantuan alsintan untuk sebanyak 20 kelompok tani di daerah ini dari pemerintah pusat karena pemerintah daerah setempat tidak ada anggaran untuk membeli alsintan," kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Ali Mukhibin, di Mukomuko, Rabu.

Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pertanian tahun ini menerima sebanyak 20 proposal alsintan dari kelompok tani di daerah itu.

Puluhan kelompok tani tersebut mengusulkan berbagai jenis alat-alat mesin pertanian seperti pompa air, traktor tangan, mesin penanam dan pemanen padi dan mesin pemotong rumput.

Ia memastikan, tahun ini dan tahun 2018 tidak ada kegiatan pengadaan alsintan di daerah itu.

Untuk itu, ia mengusulkan, anggaran untuk kegiatan pengadaan alsintan untuk sebanyak puluhan kelompok tani di daerah itu bersumber dari APBN.

Ia mengatakan, selanjutnya sebanyak 20 proposal usulan bantuan alsintan dari kelompok tani di daerah itu diteruskan ke pemerintah provinsi dan pusat.

"Selama ini bantuan alsintan yang diterima oleh kelompok tani di daerah itu berasal dari pemerintah pusat," ujarnya.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017