Mukomuko (Antara) - Kesadaran warga untuk mevaksinasi anjing peliharaannya di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meningkat sehingga berdampak terhadap kesehatan binatang dan lingkungan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman, di Mukomuko, Sabtu, mengatakan berdasarkan data dari petugas di Pusat Kesehatan Hewan kecamatan, jumlah warga yang melakukan vaksinasi terhadap anjing peliharaannya.

"Tahun ini kami akan melakukan vaksinasi terhadap sebanyak 3.000 ekor anjing. Kegiatan ini berlangsung selama tiga bulan Juli, Agutus dan September 2017," ujarnya.

itu berlangsung selama tiga bulan terhitung sejak bulan Juli, Agustus hingga September 2017.

Kegiatan vaksinasi hewan penular rabies ini dilaksanakan di sejumlah tempat yang berada di kecamatan, termasuk di pusat kesehatan hewan di masing-masing kecamatan.

Ia mengatakan, warga yang membawa hewan peliharaannya untuk divaksinasi oleh petigas peternakan dan kesehatan hewan di instansi itu dan di kecamatan.

Ia menilai, sekarang ini kesadaran warga untuk memvaksinasi hewan peliharaannya meningkat karena warga semakin tahu tujuan vaksinasi ini untuk mencegah penyebaran virus rabies.

Selain itu, menurutnya, kesadaran warga setempat mengikat hewan peliharaannya juga tinggi. Mereka melakukannya agar anjingnya tidak mengigit warga setempat.

"Kami berharap tidak ada lagi anjing dilepasliarkan oleh pemiliknya di jalan raya dan fasilitas umum di daerah ini," ujarnya.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017