Mukomuko (Antara) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan melakukan kajian dampak lingkungan terhadap pembukaan jalan penghubung di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dengan Kabupaten Kerinci, Jambi.

"Tugas dinas ini menyiapkan data kajian dampak lingkungan terhadap jalan yang akan dibuka di TNKS," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Robin Linton, di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, selain itu instansinya akan berkoordinasi dengan bidang kehutanan provinsi setempat terkait titik lokasi badan jalan yang akan di buka dalam TNKS.

Kemudian, lanjutnya, instansinya akan mengkoordinasikan surat pinjam pakai lahan untuk jalan ke bidang kehutanan provinsi setempat.

Ia mengatakan, ada dua kegiatan pembangunan dalam kawasan TNKS, yakni pembangunan jalan dari simpang Kecamatan Penarik arah Kecamatan Selagan Raya kemudian tembus Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kerinci.

Selanjutnya pembukaan jalan kereta api dari Kabupaten Merangin, Jambi ke Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko.

Menurutnya, pemerintah merencanakan pembangunan jalan kereta api menuju ke Kecamatan Teramang Jaya, Kebupaten Mukomuko karena di wilayah itu direncanakan akan dibangun pelabuhan laut.

"Sudah lama pemerintah daerah setempat berencana membangun pelabuhan di wilayah Kecamatan Teramang Jaya," ujarnya. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017