Mukomuko (Antara) - Pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan hampir mayoritas dari 148 desa di 15 kecamatan di daerah itu telah selesai memasang jaringan internet.

"Hampir mayoritas desa telah selesai memasang, selanjutnya desa menggunakan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Saroni di Mukomuko, Senin.

Sebanyak 148 desa di daerah ini menggunakan sebagian dana dalam anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) untuk membangun jaringan internet desa.

Ia mengatakan, setiap desa mengalokasikan dana desa untuk membangun jaringan internet dengan nilai yang bervariasi, menyesuaikan jarak desa.

Ia mengatakan, mayoritas desa yang dekat dengan kecamatan menggandeng PT Telkom untuk membangun jaringan internet di wilayahnya.

Ia mengatakan, pembangunan jaringan internet desa ini merupakan program desa berdasarkan aspirasi dari masyarakatnya. Termasuk mempermudah pemerintah desa dalam menyampaikan laporan pelaksanaan dana desa ke pemerintah kabupaten setempat.

Ia menyatakan, pemerintah desa yang membelanjakan dana desa untuk membangun jaringan internet di desanya.

"Setiap desa memiliki kewenangan untuk membangun desanya, termasuk membangun jaringan internet di desa," ujarnya. ***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017