Rejang Lebong (Antara) - Pejabat PT PLN Area Bengkulu menyebutkan pemerintah saat ini tengah membangun pembangkit listrik di Pulau Enggano guna menyediakan ketersediaan listrik di pulau terluar itu.

Asisten manajer PT PLN Area Bengkulu, Ilyas saat melakukan sosialisasi program kelistrikan di ruangan Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Rabu, menjelaskan pembangunan pembangkit listrik di Pulau Enggano tersebut sudah dilaksanakan sejak beberapa waktu belakangan dan ditargetkan dalam waktu dekat sudah menyala.

"Saat ini PT PLN sedang membangun pembangkit dan jaringan listrik di Kecamatan Enggano dan direncanakan pada bulan Oktober ini sudah bisa menyala, dimana pembangkit yang sedang dibangun ini memiliki kapasitas 2x500 KVA," katanya.

Pembangunan pembangkit listrik oleh PLN ini, kata dia, masih berupa pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang diperkirakan akan bisa mengaliri seluruh desa di Kecamatan Enggano tersebut.

PT PLN pada tahun sebelumnya juga sudah membangun PLTD serupa namun kapasitasnya baru 1x250 KVA dan hanya bisa menyediakan kebutuhan listrik untuk dua desa di pulau ini.

Dia berharap dengan adanya pembangunan sarana kelistrikan di Pulau Enggano ini nantinya akan bisa membantu kebutuhan energi listrik bagi masyarakat setempat baik untuk penerangan maupun usaha.

Sementara itu dalam sosialisasi program kelistrikan yang digelar di daerah itu bersama dengan pejabat Pemkab Rejang Lebong dan para camat kata dia, membicarakan perkembangan kelistrikan dan potensi ketersediaan listrik dari PLTA yang ada di wilayah itu.

Selain itu dalam sosialisasi ini mereka juga membahas berbagai program-program kelistrikan yang akan dilaksanakan serta kendala-kendala di lapangan termasuk masih tingginya tunggakan pelanggan PLN di Kabupaten Rejang Lebong.


Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017