Mukomuko (Antara) - Pejabat Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan penyaluran beras sejahtera (Rastra) kepada 9.221 rumah tangga sasaran (RTS) di daerah itu selesai akhir bulan Oktober tahun ini.

"Penyaluran rastra kepada RTS yang tersebar di 15 kecamatan di daerah hampir selesai. Kami targetkan akhir bulan ini selesai semua," kata Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Melia Padjriani, di Mukomuko, Minggu.

Pada tahun ini sebanyak 9.221 keluarga penerima manfaat beras sejahtera dari pemerintah pusat melalui Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Bengkulu.

Jumlah keluarga penerima manfaat bantuan rastra dari pemerintah pusat tahun ini bertambah dibandingkan dengan sebelumnya sebanyak 8.383 RTS.

Ia mengatakan, bahwa penyaluran rastra kepada ribuan RTS di daerah itu untuk kebutuhan selama enam bulan sejak bulan Juni hingga Desember tahun ini.

Sedangkan, katanya, penyaluran rastra kepada RTS di daerah itu dilaksanakan setiap enam bulan sekali atau dua kali setahun untuk efektifitas waktu penyaluran rastra.

Namun, katanya, dari sebanyak 15 kecamatan di daerah itu, Kecamatan Teras Terunjam yang masih bertahan dengan sistem penyaluran yang lama, yakni setiap triwulan atau tiga bulan sekali.

"Semua itu terserah kecamatan sesuai dengan usulan dari RTS," ujarnya.

Terkait dengan mekanisme penebusan rastra di daerah itu, katanya, masih seperti sebelumnya, yakni ada membayar tebusan setelah rastra tiba, ada juga yang membayar dari awal.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017