Mukomuko (Antara) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengimbau nelayan mewaspadai cuaca buruk yang melanda perairan laut di daerah itu selama beberapa hari ke depan.

"Cuaca buruk diperkirakan melanda perairan laut di daerah ini selama beberapa hari ke depan. Kami mengimbau nelayan mewapadainya karena membahayakan perahu dan keselamatan nelayan," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Rahmad Hidayat di Mukomuko, Senin.





Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Teluk Bayur Padang terkait kecepatan angin dan tinggi gelombang yang sesuai denga perairan laut di daerah tersebut.

Berdasarkan data dari BMKG Teluk Bayur Padang kecepatan angin yang berembus di Samudera Hindia di barat Bengkulu dan Samudera Hindia di barat Kepulauan Mentawai selama beberapa hari ke depan berkisar antara 10-15 knot.

Sedangkan tinggi gelombang di Samudera Hindia di barat Bengkulu berkisar 1,9 hingga dua meter begitu juga di Samudera Hindia di barat Kepulauan Mentawai.

"Data kecepatan angin tinggi gelombang di dua lokasi tersebut yang sesuai dengan perairan laut di daerah tersebut," ujarnya.

Ia menerangkan instansi itu dalam hal ini sebatas menyampaikan peringatan saja.

Keputusan selanjutnya apakah akan melaut atau tidak, katanya, di tangan nelayan.

"Kami tidak bisa melarang nelayan melaut karena itu hak mereka tetapi kami sudah sampaikan peringatan terkait gelombang di perairan laut di daerah ini," ujarnya.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017