Bengkulu (Antara) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menunjuk konsultan untuk melakukan studi kelayakan pembangunan jalan tol yang menghubungkan Bengkulu dengan Sumatera Selatan.

"Tahun ini fokus pada studi kelayakan dan konsultannya sudah ditunjuk. Kemudian tahun depan masuk pekerjaan fisik," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Bengkulu, Oktaviano di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan penunjukkan konsultan studi kelayakan pembangunan jalan tol tersebut dilakukan oleh pihak Kementerian PUPR.

Komitmen pemerintah pusat untuk membangun infrastruktur jalan tol guna menghubungkan Bengkulu dengan provinsi tetangga, menurutnya, patut diapresiasi.

Oktaviano mengatakan kehadiran Direktur Utama PT Hutama Karya Dini Surya Kencana dan Direktur Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, Herri Trisaputra Zuma di Bengkulu baru-baru ini juga untuk mempercepat perencanaan jalan tol tersebut.

"Hasil studi kelayakan ini akan menentukan rute yang dilalui untuk membangun jalan tol," ucapnya.

Setelah studi kelayakan, pemerintah pusat siap membangun fisik jalan tol yang menghubungkan Bengkulu dengan Sumatera Selatan.

Rencana awal, rute yang dilintasi adalah Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Rejanglebong yang merupakan daerah perbatasan Bengkulu dengan Sumatera Selatan.***3***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017