Padang Aro (ANTARA Bengkulu) - Polisi Resor Solok Selatan, Sumatera Barat, akan menyiagakan personelnya di objek wisata yang biasa digunakan warga setempat untuk "Balimau", menyambut Ramadhan.

Kepala Polisi Resor Solok Selatan AKBP Djoko Trisulo di Padang Aro, Selasa, menyebutkan, setidaknya lima objek wisata biasa digunakan warga setempat untuk "Balimau" atau tradisi menyucikan diri menyambut Ramadhan.

Sebanyak lima objek wisata itu, yakni Pinang Awan Kecamatan Sungai Pagu, bendungan irigasi Balun Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

Selain itu, Pulau Asmara, objek wisata Valoe Agro, dan air terjun Timbulun Kecamatan Sangir.

Ia menjelaskan, di setiap objek wisata, Polres Solok Selatan akan menempatkan minimal lima personel.

Mereka, katanya, selain mengatur lalu lintas, juga mengantisipasi tindak kejahatan seperti pencurian kendaraan dan perkelahian.

Dalam pengamanan tradisi "Balimau", polres bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan.

Ia mengimbau warga yang melakukan "Balimau" untuk tertib berlalu lintas dan tidak memancing tindakan kriminal selama tradisi tersebut.

"Mayoritas yang melakukan 'Balimau' adalah pemuda-pemudi yang emosinya masih labil. Kami juga meminta mereka untuk tidak memberikan kesempatan kepada para penjahat melakukan tindak kriminal," katanya.

Ia mengharapkan, selama Ramadhan, masyarakat setempat menjaga ketenteraman dan ketenangan supaya khusyuk dalam menjalankan ibadah di Bulan Puasa.

"Kami mengimbau agar tidak ada bunyi-bunyian petasan, konvoi-konvoi di jalan sehingga situasi aman dan tenang dalam menjalankan ibadah puasa," katanya.

Polres Solok Selatan akan menggelar patroli dan razia guna menciptakan situasi yang kondusif selama Ramadhan. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012