Bengkulu (Antara) - Sejumlah warga Desa Rawa Indah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, menanam ratusan pohon cemara dan bergotong-royong membersihkan Pantai Penago, untuk memperingati Hari Pahlawan 2017.

"Ada seratusan bibit cemara laut yang kami tanam di tepi Pantai Penago sekaligus membersihkan sampah yang berserakan di pesisir," kata Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Rawa Indah, Andy Wijaya di Bengkulu, Jumat.

Sebelum menanam ratusan bibit cemara di pesisir itu, warga yang bergabung dalam organisasi Desa Siaga Tangguh Bencana (Detana) menggelar upacara bendera di pesisir itu.

Kegiatan tersebut kata Andy sebagai bentuk penghormatan atas pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

"Kita bertanggungjawab mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan merawat negeri ini," ujarnya.

Andy menambahkan, penanaman cemara laut di pesisir Pantai Penago selain menghijaukan wilayah itu juga bagian dari mitigasi bencana.

Wilayah Desa Rawa Indah dan Desa Penago Kecamatan Ilir Talo merupakan daerah rawan bencana gempa dan tsunami.

Selain itu, gelombang tinggi dan angin kencang juga rawan melanda dua desa ini sehingga penghijauan pesisir menjadi bagian dari upaya meredam angin kencang.

Hutan pantai itu lanjut dia, ibarat sabuk pengaman bagi desa dari ancaman bencana seperti tsunami, gelombang tinggi hingga angin kencang.***3***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017