Mukomuko (Antara) - Pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berharap tahun ada anggaran untuk pembelian sebanyak 10.000 bibit karet unggul untuk kelompok tani dari APBD 2018.

"Kami mengusulkan anggaran pembelian sebanyak 10.000 bibit karet untuk kelompok tani setempat ke DPRD setempat. Kami berharap ada anggaran dalam APBD untuk pembeliannya," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat di Mukomuko, Minggu.

Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pertanian mengusulkan anggaran sebesar Rp1 miliar dalam APBD 2018 untuk membeli berbagai jenis bibit tanaman perkebunan.

Ia mengusulkan, sebagian dana untuk pembelian bibit tanaman perkebunan yang bersumber dari dana alokasi umum (DAK) tersebut untuk pembelian sebanyak 10.000 bibit karet unggul untuk kelompok tani setempat.

Ia mengatakan, Komisi II DPRD setempat menyetujui pembelian sebanyak 10.000 bibit karet unggul untuk kelompok tani di daerah itu.

Selanjutnya, katanya, instansinya menunggu pembahasan anggaran untuk pembelian sebanyak ribuan bibit karet unggul di tingkat Badan Anggaran (Banggar) DPRD setempat.

Ia menyatakan, untuk sementara ini belum ada kelompok tani yang menerima bantuan bibit pala. Instansinya akan melakukan survey kelompok tani yang menerima bantuan.

Kendati demikian, dia menyatakan, instansinya telah menerima proposal usulan bibit karet unggul dari kelompok tani di daerah itu. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017