Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, terus mematangkan persiapan dalam rangka percepatan pembukaan jalan penghubung di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) dengan Kabupaten Kerinci, Jambi.

"Kita telah menyiapkan perangkat lunaknya dan aturan yang mengaturnya," kata Bupati Mukomuko, Choirul Huda, di Mukomuko, Senin.

Ia menyatakan, pihaknya mempersiapkan hal-hal yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah setempat.

Pemerintah daerah setempat, katanya, belum lama ini telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi setempat terkait dengan hal-hal yang harus disiapkan untuk pembukaan jalan dalamTNKS.

Setelah ini, ia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kabupaten Kerinci, Jambi untuk menyamakan persepsi untuk membuka jalan tembus dalam TNKS di daerah itu.

"Kita berkoordinasi dengan Kerinci biar `Klop` tata aturan terkait pembukaan jalan dalam TNKS yang menghubungkan Kabupaten Mukomuko dengan Kerinci," ujarnya.

Ia optimistismis, program pembukaan jalan penghubung di dalam TNKS dengan Kabupaten Kerinci bisa terlaksana dalam waktu dekat karena pembukaan jalan ini merupakan program nasional.

"Tidak ada lagi kendala dalam pembukaan jalan penghubung di dalam TNKS," ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Apriansyah sebelumnya menyatakan

tim pemerintah daerah yang terdiri dari Sekretaris Daerah, Asisten II pemerintah setempat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah setempat akan berkoordinasi dengan Kabupaten Kerinci, Jambi.

Pemerintah daerah setempat melakukan koordinasi terkait berbagai kebutuhan untuk disingkronisasi dengan Kabupaten Kerinci.



Sementara ini, katanya, pemerintah daerah setempat sedang mengumpulkan data yang dibutuhkan, mulai dari rencana tata ruang wilayah (RTRW) dan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal).

Sementara itu ada dua kegiatan pembangunan dalam kawasan TNKS, yakni pembangunan jalan dari simpang Kecamatan Penarik arah Kecamatan Selagan Raya kemudian tembus Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kerinci.

Selanjutnya pembukaan jalan kereta api dari Kabupaten Merangin, Jambi ke Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko.

Menurutnya, pemerintah merencanakan pembangunan jalan kereta api menuju ke Kecamatan Teramang Jaya, Kebupaten Mukomuko karena di wilayah itu direncanakan akan dibangun pelabuhan laut.

"Sudah lama pemerintah daerah setempat berencana membangun pelabuhan di wilayah Kecamatan Teramang Jaya," ujarnya. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017