Mukomuko (Antara) - Unit Penyelenggara Bandar Udara Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berharap dukungan pemerintah daerah setempat dalam mengalihkan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) sepanjang tiga kilometer dekat bandar udara yang ditutup demi keamanan dan keselamatan penerbangan di daerah itu.

"Kami berharap dukungan dari pemerintah daerah. Dan alhamdulillah pemerintah daerah setempat mendukung pengalihan Jalinsum dekat bandara," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kabupaten Mukomuko, Irpan Syaputra, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, pemerintah daerah setempat mengalokasikan dana sekitar Rp6 miliar dalam APBD 2018 untuk membiayai kegiatan pengalihan Jalinsum dekat bandara di daerah tersebut.

Menurutnya, alokasi anggaran sebesar itu merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah daerah setempat dalam mengalihkan Jalinsum dekat bandara di daerah tersebut.

Ia mengatakan, setelah Jalinsum dipindahkan, selanjutnya pembangunan bangunan terminal dan sarana dan prasarana penunjang untuk pengembangan bandara daerah itu.

Menurutnya, bandara mengusulkan pemindahan Jalinsum untuk kepentingan pelayanan jasa penerbangan menggunakan pesawat yang lebih besar.

Selain itu, menurutnya, untuk kesalamatan dan keamanan penerbangan di bandara di daerah tersebut.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Mukomuko Andi Suheri sebelumnya menyatakan mendukung pengalihan Jalinsum sepanjang tiga kilometer dekat bandar udara.

"Kami mendukung karena pengalihan Jalinsum dekat bandara itu program nasional," ujarnya.

Komisinya, katanya, mendukung alokasi anggaran sekitar Rp6 miliar dalam APBD 2018 untuk kegiatan pengalihan Jalinsum dekat bandara di daerah tersebut.

Selanjutnya, katanya, kepastian anggaran untuk pengalihan Jalinsum dekat bandara itu di bahas lagi tingkat badan anggaran (Banggar) pada pekan depan.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017