Mukomuko (Antara) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan satu pohon besar tumbang menimpa satu rumah warga di Lubuk Saung, namun tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

"Pohon sebesar badan orang dewasa itu menimpa bagian dapur rumah warga tersebut. Pohon tersebut tumbang akibat diterpa angin kencang yang melanda wilayah itu," kata Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Riswandi Dani, di Mukomuko, Senin.

Ia memastikan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu karena pohon tersebut hanya merusak atap bagian bagian atap dapur rumah milik warga di wilayah itu.

Selain itu, katanya, saat pohon tumbang tidak ada satu pun penghuni rumah tersebut yang berada di dapur rumahnya.

Ia mengungkapkan, pohon besar tersebut tumpang karena diterpa angin kencang yang melanda wilayah itu. Selain itu kondisi pohon duku tersebut sudah lapuk sehingga saat dihembus angin kencang bagian bawah pohon tersebut patah.

"Sudah sepekan terakhir angin kencang disertai hujan deras melanda wilayah itu, sehingga pohon besar yang sudah tua rawan tumbang," ujarnya lagi.

Ia mengatakan, pihaknya atas nama pribadi berencana memberikan bantuan dana kepada warga yang terkena musibah pohon tumbang tersebut.

Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko Erwin mengimbau warga setempat mewaspadai cuaca buruk yang terjadi sejak sepekan terakhir.

"Hujan lebat disertai angin kencang melanda daerah ini selama sepekan ini, cuaca buruk ini bisa menyebabkan bencana alam banjir, longsor dan pohon tumbang," ujarnya.

Selain itu, ia mengimbau, warga setempat agar menjauh dari pohon besar di sekitar rumahnya karena rawan tumbang saat angin kencang sekarang ini.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017