Bengkulu, (ANTARA Bengkulu) - Korem 041 Garuda Emas Bengkulu melakukan penghijauan kawasan objek wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu dengan pohon trembesi.

"Kami memulai melakukan pengijauan objek wisata, terutama kawasan pantai panjang dengan tanaman pohon trembesi," kata Komadan Korem 041 Gruda Emas (Gamas) Bengkulu, Kol Inf Sofwat Nasution.

Ia mengatakan, selama ini kawasan pantai panjang hanya ada pohon cemara laut yang sangat indah, namun bagian lahan pritisnya ditanami pohon trembesi.

Penanaman pohon trembesi itu sudah dilakukan sejak Rabu (19/7) dengan sasaran sebanyak 75 batang, tanaman itu akan dirawat hingga betul-betul hidup.

"Kami akan menunjuk petugas khusus untuk memelihara tanaman itu hingga hidup, diberikan pupuk dan disiram secara rutin," ujarnya.

Jika pohon itu sudah hidup dan besar bisa dijadikan masyarakat untuk beteduh sambil berwisata menikmati keindahan pantai panjang.

Tanaman jenis pohon trembesi paling cocok ditanam dalam kawasan pantai panjang karena bentuknya rindang serta bisa berumur mencapai ratusan tahun.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga seluruh pohon di kawaan pantai panjang tersebut termasuk pohon trembesi dan menjaga kebersihan pantai tersebut," tambahnya.

Penghijauan kawasan pantai panjang itu mendapat respon positif dari berbagai kalangan mahasiswa karena mempertahankan kawasan hutan dan lingkungan, ujar Enggi Hidayat seorang mahasiswa dari universitas
Muahammadiyah Bengkulu.

"Kami berharap kegiatan positif itu diikuti pemerintah daerah itu, sehingga dapat menyelamatkan lingkungan dan alam sekitarnya," tandasnya.(zul)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012