Mukomuko (Antara) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memperingkatkan warga setempat agar mewaspadai cuaca buruk yang terjadi di daerah itu.

"Kami sudah peringatkan warga setempat, terutama warga yang bermukim di pinggir pantai agar waspada terhadap hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang karena bisa menyebabkan banjir, longsor, dan pohon tumbang," kata Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Senin.

Ia menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah di daerah itu sejak sebulan terakhir. Belum ada laporan resmi terkait rumah warga yang terendam banjir dan tertimbun tanah longsor.

Ia meminta warga, pemerintah desa dan kecamatan segera melapor apabila terjadi bencana alam di wilayahnya.

"Kami minta warga proaktif melaporkan setiap kejadian bencana alam di wilayahnya," ujarnya.

Ramdani mengatakan instansinya terus melakukan pemantauan di sejumlah wilayah yang rawan terendam banjir dan tanah lonsor musiman pada saat musim hujan.

Selain itu, ia memperingatkan warga agar menjauh dari pohon besar di sekitar rumahnya karena rawan tumbang saat angin kencang sekarang ini.

"Kami minta warga ikut serta dalam meminimalisasi risiko yang mungkin terjadi saat cuaca buruk sekarang ini," ujarnya. ***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017