Mukomuko (Antara) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu telah melatih 25 orang nelayan Pantai Indah Mukomuko cara mengolah ikan laut menjadi berbagai produk industri kecil menengah.

"Ikan laut selama ini dibelah, diawetkan, dan diasinkan. Melalui pelatihan ini, mereka dilatih cara mengolah ikan teri menjadi steik," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko A Halim, di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, sebanyak 25 orang nelayan yang menjadi peserta pelatihan keterampilan cara mengolah ikan laut menjadi berbagai produk industri kecil menengah (IKM) berasal dari sentra ikan laut di Pantai Indah Mukomuko, Kelurahan Koto Jaya.

Instansinya memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan sebanyak puluhan nelayan di sentra ikan laut di daerah itu.

"Pemberian pelatihan ini merupakan bagian dari program pembinaan pelaku IKM di sentra IKM di daerah ini," ujarnya lagi.

Selanjutnya, instansinya akan memberikan pembinaan rutin terhadap para pelaku IKM yang berada di sentra ikan di daerah itu.

Pemerintah daerah setempat telah menetapkan lima sentra IKM di daerah ini, yakni wilayah Satuan Permukiman (SP) VII sebagai sentra industri gula kelapa, dan wilayah SP V untuk pembuatan keripik.

Kemudian, lanjutnya, Desa Bumi Mekar Jaya ditetapkan sebagai sentra batu bata, Pantai Indah Mukomuko ditetapkan sebagai sentra ikan laut, dan Desa Marga Mulya sentra mebel.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017