Mukomuko (Antara) - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Choirul Huda meminta dinas terkait proaktif dalam melakukan percepatan pencairan dana desa tahun 2018.

"Kami akan sampaikan kepada dinas untuk mempercepat pencairan dana desa, yakni mulai dari awal tahun," katanya di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan hal itu terkait dengan lambannya pencairan dana desa tahap pertama sebesar 60 persen di atas bulan Juli dan pencairan dana desa tahap kedua 40 persen di akhir tahun pada bulan Desember.

Ia menekankan agar pengurusan berbagai surat menyurat untuk pencairan dana desa tahun depan bisa lebih cepat, demikian juga dengan penerbitan surat keputusan (SK) pencairan dana desa.

Untuk itu, ia meminta dinas terkait proaktif "jemput bola" ke desa untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh desa sehingga lamban dalam mengajukan pencairan dana desa.

"Langsung ditanya ke desa apa saja yang menjadi kendala selama ini. Ini yang harus ditekankan kepada dinas terkait," katanya.

Menurut dia, dengan semakin cepatnya pencairan dana desa maka diharapkan percepatan pembangunan desa pun bisa tercapai yang pada akhirnya akan meningkatkan prekonomian desa. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017