Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Prakiraan Badan meterologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu menyebutkan, cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan pada umumnya cerah dan berawan.

Ada sembilan kabupaten/kota diprakirakan terjadi cerah dan berawan, sedangkan satu kabupaten tetap ada curah hujan ringan, kata analisis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Senin.

Ia menjelaskan, kesembila kabupaten.kota yang terjadi berawan itu antara lain di Bengkulu Utara, Kota Bengkulu dan Kabupaten Kepahiang, dengan suhu berkisar 20-30 drajat celius dan kelembaban 65-98 persen. Sedangkan daerah berpeluang hujan ringan pada sore hingga malam hari hanya di kabupaten Mukomuko, suhu udaranya antara 23-32 drajat celius dan kelembaban berkisar 62-96 persen.

Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan hujan berada di wilayah Aceh, Sumatera Utara Bag.Barat, Sumatera Barat, Perairan Nias hingga Perairan Mentawai. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan 05 - 32 km/ jam atau 03 - 18 knots.

Prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu 12 jam ke depan rata-rata tiga meter hingga perairan Barat Lampung. Angin di perairan Bengkulu bertiup dari arah Timur laut hingga Barat daya dengan kecepatan berkisar 05-18 knots.

Sedangkan angin di perairan Enggano bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan antara 05-18 knots, di wilayah itu terjadi cerah. Gelombang laut di Barat Bengkulu juga tiga meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah tenggara hingga Selatan dengan kecepatan antara 07-20 knots, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012