Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Badan Pusat Statistk merilis bahwa pengguna jasa transportasi udara komersial dari dan ke pulau terdepan Provinsi Bengkulu yaitu Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara mengalami peningkatan 18,31 persen pada November 2017.

Kepala BPS Provinsi Bengkulu Dyah Anugrah Kuswardani, di Bengkulu, Jumat, menyebutkan pada Oktober 2017 jumlah pengguna transportasi udara hanya 404 penumpang, dan pada November mengalami kenaikan menjadi 478 penumpang.

"Walaupun jumlah penerbangan pesawat perintis berkurang sedikit pada November, tapi jumlah penumpang mengalami peningkatan," kata dia

Pada November 2017, BPS mencatat hanya ada 52 penerbangan dari Bandara Fatmawati Kota Bengkulu ke Bandara Enggano dan sebaliknya.

Sedangkan pada Oktober 2017 dicatat sedikit lebih banyak jumlah penerbangannya yakni 56 kali kedatangan serta keberangkatan, namun penumpang berkurang.

Penerbangan perintis di Provinsi Bengkulu tidak hanya melayani rute Kota Bengkulu ke Pulau Enggano, tapi juga rute ke kabupaten terjauh dari ibu kota provinsi yaitu Kabupaten Mukomuko. Jika menggunakan transportasi darat, maka harus menghabiskan waktu 7-8 jam perjalanan untuk sampai ke Mukomuko atau sekitar 270 kilometer dari Kota Bengkulu.

Pada November 2017, jumlah pengguna layanan transportasi udara ke Mukomuko sebanyak 386 penumpang atau sedikit lebih rendah dari bulan sebelumnya dengan jumlah penumpang 446 orang.

"Jumlah penerbangan juga berkurang sedikit pada November, ada 62 penerbangan, sedangkan bulan sebelumnya ada 64 penerbangan," ujarnya lagi.***3***

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018