Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata setempat tahun ini akan menyiapkan rencana induk pengembangan sektor pariwisata di daerah itu.

"Rencana induk pengembangan sektor pariwisata tahun ini untuk objek wisata Danau Nibung," kata Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko Yulia Reni di Mukomuko, Senin.

Pemerintah daerah setempat mengalokasikan dana sebesar Rp150 juta dalam APBD tahun ini untuk membuat rencana induk pengembangan objek wisata Danau Nibung.

Ia menilai, alokasi dana untuk membuat rencana induk pengembangan objek wisata di daerah tersebut minim dibandingkan dengan alokasi dana untuk kegiatan yang sama di daerah lain.

Lokasi Danau Nibung, Mukomuko.

"Kalau di daerah lain, alokasi dana untuk membuat rencana induk pengembangan sektor pariwisata ini mencapai Rp300 juta," ujar dia.

Ia mengatakan, instansinya akan mencari perguruan tinggi yang bisa diajak bekerja sama dalam membuat rencana induk pengembangan objek wisata dengan alokasi dana yang ada ini.

Sejumlah pihak menyarankan instansinya menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) yang telah berpengalaman dalam membuat rencana induk pengembangan sektor pariwisata.

Namun, katanya, alokasi dana untuk membuat rencana induk pengembangan sektor pariwisata di daerah itu minum.

Ia berencana, menggandeng perguruan tinggi negeri di Bengkulu dalam membuat rencana induk pengembangan sektor pariwisata.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018