Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Manajemen PT PLN Rayon Curup, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, menyebutkan rasio kelistrikan atau elektrifikasi di daerah itu mencapai 98 persen.

"Kalau untuk 156 desa dan kelurahan di Rejang Lebong saat ini sudah 100 persen. Saat ini tinggal lagi dusun atau rompok-rompok yang sebagian kecil belum teraliri listrik, kalau persentasenya sudah mencapai 98 persen," kata Manajer PT PLN Rayon Curup, A Rafico di Rejang Lebong, Kamis.

Sejumlah lokasi yang belum teraliri listrik tersebut, kata dia, tersebar dalam beberapa kecamatan yang posisinya berada jauh dari kota. Dusun atau rompok itu merupakan perkampungan yang baru terbentuk atau pemecahan dari desa, di mana dusun itu terbentuk seiring dengan adanya pertambahan jumlah penduduk.

Dia mencontohkan salah satu dusun yang baru terbentuk berada di Desa Sinar Gunung, Kecamatan Sindang Dataran. Pihaknya sempat mengalami hambatan saat membawa peralatan untuk pemasangan jaringan listrik, seperti tiang dan gardu serta yang lainnya karena belum adanya jalan aspal menuju lokasi itu sehingga prosesnya berlangsung lambat.

Saat ini pembangunan jaringan listrik ini sudah selesai dan tinggal menunggu pemeriksaan oleh PLN Area Bengkulu sebelum dialiri listrik.

"Sedangkan satu dusun lainnya berada di Desa Air Nau, Kecamatan Sindang Beliti Ulu yang diusulkan warga untuk dialiri listrik PLN, setelah kami cek ke lapangan belum bisa laksanakan. Akses jalannya sangat sulit sehingga harus kami koordinasikan dulu dengan PLN Area Bengkulu," ujarnya.

Sementara itu untuk 10 dusun lainnya yang belum dialiri listrik dan sudah masuk dalam program listrik pedesaan (Lisdes) pada 2017 lalu kata Rafico, saat ini pengerjaannya sudah hampir rampung yang tersebar di tujuh kecamatan yakni Dusun IV Desa Suka Menanti, Kecamatan Sindang Dataran. Air Nau, Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Air Meles Gading, Kecamatan Curup Timur. Simpang Suban Air Panas, Kecamatan Curup Timur.

Kemudian Air Merah Dusun IV, Kecamatan Curup Tengah, Air Lanang Dusun III, Kecamatan Curup Selatan. Dusun Merantau, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Air Barus dan Sinar Gunung, Kecamatan Sindang Dataran, kemudian Dusun Pematang Bingung, Kecamatan Sindang Dataran serta Simpang Pemiri, Talang Rimbo Lama, Kecamatan Curup Tengah.***1***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018