Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Empat kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, tahun ini menjadi pusat pengembangan tanaman bawang merah dan bawang putih.

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Solahudin di Rejang Lebong, Senin, mengatakan, pengembangan tanaman bawang merah dan putih dalam empat kecamatan ini meliputi Kecamatan Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya, Selupu Rejang dan Kecamatan Sindang Kelingi.

"Pengembangan tanaman bawang merah dan bawang putih yang akan dilaksanakan dalam empat kecamatan ini dengan luasan lahan mencapai 30 hektare, dengan pembagian untuk pengembangan bawah merah 20 hektare dan 10 hektare bawang putih," katanya.

Pengembangan tanaman bawang merah dan bawang putih ini akan dibiayai dari anggaran yang berasal dari Kementerian Pertanian yang akan disalurkan melalui Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu.

Dalam program ini, pihaknya hanya bertindak sebagai penyiap lahan serta kelompok tani yang akan menerimanya tersebar dalam empat kecamatan. Sedangkan yang akan menentukan kelompok mana saja yang akan menerimanya serta teknis penyaluran dilaksanakan oleh pihak provinsi.

Bantuan itu nantinya disalurkan melalui kelompok tani yang ada di empat kecamatan. Setiap kelompok tani itu nantinya mendapatkan jatah bibit bawang yang akan dikembangkan di atas lahan seluas dua hektare.

Sejauh ini pengembangan tanaman bawang di daerah itu khususnya tanaman bawang merah selama beberapa tahun terakhir mulai masyarakat setempat, kendati kualitasnya masih belum bagus dibandingkan produksi daerah lainnya.

"Sedangkan untuk pengembangan tanaman bawang putih ini merupakan yang pertama kalinya sehingga kami belum tahu hasilnya. Kita berharap pengembangannya nanti bisa berhasil sehingga bisa diikuti petani lainnya," kata Solahudin. ***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018