Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Harga jual getah karet kualitas kotor dan bersih pada tingkat petani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini mulai mengalami penurunan dibandingkan dengan harga sebelumnya.

"Harga getah karet kualitas kotor dan bersih turun sebesar Rp500-Rp1.500 per kilogram di Kecamatan V Koto," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sudianto di Mukomuko, Senin.

Ia menyebutkan, harga getah karet kualitas kotor di tingkat petani di Kecamatan V Koto saat ini sebesar Rp6.500 per kilogram, atau mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya sebesar Rp7.000 per kg.

Kemudian harga getah karet kualitas bersih di kecamatan tersebut sebesar Rp7.000 per kg, turun dibandingkan dengan harga sebelumnya sebesar Rp8.500 per kg.

Sedangkan harga getah karet kualitas kotor dan bersih di dua kecamatan di daerah itu masih bertahan dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Ia mengatakan, petani di Kecamatan Air Rami menjual getah karet kualitas kotor sebesar Rp7.400 per kg dan bersih sebesar Rp7.500 per kg.

Kemudian petani di Kecamatan Penarik menjual getah karet kotor sebesar Rp6.800 per kg dan karet bersih Rp7.000 per kg, naik dibandingkan sebelumnya, yakni getah karet kotor sebesar Rp6.500 per kg dan bersih Rp7.000 per kg.

Menurut dia, harga getah karet petani sebesar itu belum sepenuhnya mampu menutupi biaya operasional yang dikeluarkan oleh petani untuk upah menyadap getah karet.

Termasuk, lanjutnya, untuk biaya pemeliharaan dan pembelian pupuk untuk bahan penyubur tanaman karet tersebut.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018