Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Perum Bulog Subdivre Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu yakni Rejang Lebong, Kepahiang, dan Lebong melakukan uji tanak beras bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra) sebelum didistribusikan.

"Hari ini kami melakukan pengujian atau uji tanak beras bansos rastra jatah Februari yang akan didistribusikan ke Kabupaten Kepahiang, tadi yang menguji adalah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang bersama rombongan," kata Kasubdivre Bulog Rejang Lebong Rudi Adlin Damanik melalui Kasi Komersial Nur Mulyati Syahroni di Rejang Lebong, Senin.

Pengujian mutu beras bansos yang akan dibagikan secara gratis tersebut kata dia, diminta oleh Dinas Sosial Kepahiang yang pada hari itu juga menjadi daerah pertama menerima pendistribusian beras bansos rastra jatah Februari.

Selain itu tujuan pengujian beras bulog ini juga untuk memastikannya, apakah layak dikonsumsi atau tidak sehingga tidak dikomplain oleh penerimanya. 

Petugas Bulog Subdivre Rejang Lebong saat melakukan uji tanak beras bansos Rastra dengan tim penguji berasal dari Dinsos Kepahiang. (Foto Antarabengkulu)

Beras yang dimasak ini diambil langsung dari gudang bulog setempat dengan cara diambil acak dari setiap karung, kemudian dimasak dengan disaksikan oleh pihak Dinsos Kepahiang. Setelah masak langsung dimakan secara bersama-sama.

Beras bansos rastra yang akan didistribusikan oleh Perum Bulog Subdire Rejang Lebong tambah dia, pengadaannya dilakukan pemerintah pusat dan dibagikan secara gratis. Bansos rastra yang mereka layani ini akan dialokasikan ke tiga kabupaten dalam wilayah kerja mereka yakni Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong.

Namun dari ketiga wilayah penerima bansos rastra ini yang mengajukan uji tanak kata Nur Mulyati Syahroni baru Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang, sedangkan dari Kabupaten Rejang Lebong dan Lebong belum melakukannya, pada hal itu penting dilakukan guna menghindari adanya keluhan penerima nantinya.

Sementara itu distribusian bansos rastra selanjutnya setelah Kabupaten Kepahiang adalah untuk Kabupaten Rejang Lebong dan menyusul Kabupaten Lebong. Beras yang disalurkan ini per KPM sebanyak 10 kg, berbeda dengan rastra terdahulu yang jumlahnya 15 kg per KPM, namun bedanya beras kali ini diberikan pemerintah secara gratis

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018