Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menetapkan sebanyak 755 orang peserta yang lolos tes tertulis sebagai calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pemilu 2019 di daerah itu.

"Jumlah keseluruhan calon PPS dari 15 kecamatan yang lolos tes tertulis sebanyak 755 orang. Mereka ini yang dinyatakan ikut tes wawancara tanggal 28 Februari 2018," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko Syofia Diana di Mukomuko, Rabu.

Sebanyak 1.073 orang peserta tes tertulis sebagai calon anggota PPS, sebanyak 998 orang di antaranya mengikuti tes dan 75 orang tidak hadir.

Ia mengatakan, sebanyak 75 orang peserta yang gugur karena tidak mengikuti tes tertulis sebagai calon anggota PPS tersebut tanpa keterangan yang jelas.

Terkait dengan masalah lokasi dan pembagian waktu bagi peserta yang nantinya akan mengikuti tes wawancara dibahas kembali dan umumkan sebelum pelaksanaan tes wawancara.

Ia menyatakan, saat ini masih ada dua desa di Kecamatan Sungai Rumbai dan Teramang Jaya yang masih kekurangan kuota anggota PPS karena ada peserta yang tidak hadir saat pelaksanaan tes tertulis.

Karena menurutnya, sebelumnya jumlah pendaftar PPS di daerah itu sudah memenuhi kuota, yakni sebanyak tiga orang per desa. Karena aa peserta yang tidak hadir sehingga jumlah menjadi kurang.

Selanjutnya, ia mengatakan, lembaganya akan jemput bola untuk merekrut calon anggota PPS dan mengadakan seleksi tes tertulis dan wawancara di desa setempat.

Ia mengatakan, lembaganya meminta bantuan kepada kepala desa, camat dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat untuk melaksanakan perekrutan calon anggota PPS di desa.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018