Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti semua pihak memerangi kemiskinan agar kesejahteraan masyarakat terus meningkat.

Nopian di Bengkulu, Rabu, mengatakan masalah kemiskinan bukan hanya tanggung jawab Dinas Sosial, tapi seluruh sektor harus keroyokan untuk mengatasi kemiskinan di Provinsi Bengkulu baik itu di bidang pendidikan agar masyarakat mendapatkan pekerjaan, serta bagaimana memberdayakan masarakat desa.

Menurutnya, Dinas Sosial hanya sebagian kecil untuk menggerakkan penurunan angka kemiskinan di provinsi ini.

"Tidak cukup dengan Dinas Sosial atau Pemberdayaan Masyarakat. Oleh karena itu perlu dukungan OPD-OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang lain," kata Nopian Andusti.

Dia juga meminta pemerintah kabupaten/kota agar bersinergi mengentaskan kemiskinan.

"Jangan sampai terjadi pemerintah kabupaten/kota ke?selatan sedangkan provinsi ke?utara. Tidak akan bertemu, ini yang terjadi selama ini," tegas Nopian Andusti.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu Iskandar ZO menjelaskan Dinas Sosial memiliki empat program yakni pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, penanganan fakir miskin dan perlindungan serta jaminan sosial.

Empat program tersebut berfokus untuk mensejahterakan rakyat dan menekan angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu.

Menurutnya, basis data yang terus diperbaharui sangat membantu dalam melihat sasaran dalam mengentaskan kemiskinan sebab orang-orang yang sudah masuk kedalam basis data terpadu yang setiap tahun adalah sasaran nyata dalam mengentaskan kemiskinan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018