Bengkulu (Antara) - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, mengadakan pelatihan kerja berbasis kompetensi dalam rangka meningkatkan mutu di bidang keterampilan, pengetahuan dan sikap calon tenaga kerja.

Sekretaris Disnakertrans? Kabupaten Bengkuku Utara Solikun di Bengkulu Utara, Selasa, mengatakan pelatihan ini diperuntukan bagi masyarakat umum tanpa dipungut biaya apapun.

"Jadi ini gratis, siapa yang berminat untuk meningkatkan sumber daya, silahkan," katanya.

Pelatihan keterampilan berbasis kompetensi ini dilaksanakan dengan sejumlah kejuruan antara lain jurusan?"basic office"?dan jurusan pengolahan hasil pertanian dan perikanan yang dinilai sesuai untuk kebutuhan daerah setempat.

Sementara jumlah peserta pelatihan sebanyak 128 orang, dengan waktu pelatihan selama 30 hari yang dimulai sejak 12 Maret 2018.

Solikun berharap seluruh peserta yang mengikuti pelatihan tersebut bersungguh-sungguh dan disiplin menjalani kegiatan? sehingga nantinya dapat berkompetensi untuk mendapatkan lowongan pekerjaan yang ada maupun membuka peluang usaha sendiri.

"Dengan demikian angka pengangguran di Kabupaten Bengkulu Utara dapat kita kurangi jika sudah terjun ke masyarakat," ujarnya.

Dia juga berharap keluaran dari pelatihan ini adalah sumber daya manusia yang mampu bersaing di tengah masyarakat dan mempunyai kompetensi di bidang masing-masing.

Sementara itu, Kepala UPTD-BLK Kabupaten Bengkulu Utara Ruminsyarif berharap peserta pelatihan kompentensi ini mampu menembus pasar kerja baik di lembaga pemerintahan maupun swasta.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018