Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta seluruh pedagang di daerah itu secara sukarela mengamankan sendiri berbagai jenis ikan kaleng yang mengandung cacing agar tidak dikonsumsi oleh masyarakat setempat.

"Kami akan menyampaikan surat kepada seluruh pedagang di daerah ini untuk meminta mereka mengamankan sendiri berbagai jenis ikan kaleng yang mengandung cacing," kata Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Erik Prasetya di Mukomuko, Senin.

Dinas Kesehatan melakukan itu setelah ada seorang warga masyarakat setempat menemukan cacing dalam ikan kaleng yang dibeli di warung di daerah itu.

Ia menyatakan, pihak Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah merilis jenis ikan kaleng yang mengandung cacing.

Selanjutnya, instansinya meneruskan hasil temuan pihak BPOM tersebut kepada seluruh pedagang di daerah itu.

Terkait dengan ikan kaleng yang mengandung cacing yang ditemukan oleh warga setempat, dia mengatakan, instansinya melibatkan BPOM untuk memeriksanya.

Seorang pegawai negeri sipil RSUD Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengaku menemukan ikan kaleng bermerek Gaga yang dibelinya di warung di wilayah itu yang diduga mengandung cacing.

Seorang aparatur sipil negara di RSUD Kabupaten Mukomuko Nelsi sebelumnya menemukan cacing dalam ikan kaleng yang dibelinya di warung di wilayah itu.

Ia menyatakan, dia telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat terkait hasil temuannya itu.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018