Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan penggantian "trawl" dengan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan di daerah itu dilaksanakan secara bertahap mulai tahun ini.

"Pada tahap pertama ini pergantian alat tangkap `trawl` milik nelayan di Desa Pasar Sebelah, Kecamatan Kota Mukomuko," kata Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Rahmad Hidayat di Mukomuko, Selasa.

Sebanyak 25 nelayan di Desa Pasar Sebelah pada bulan Mei tahun ini akan menerima bantuan alat tangkap ikan berupa jaring untuk pengganti alat tangkap trawl dari pemerintah pusat.

Setelah ini, sebanyak 18 nelayan di Kecamatan Teramang Jaya yang menerima bantuan jaring dari pemerintah pusat.

Nelayan di Desa Pasar Sebelah yang pertama kali menerima bantuan jaring untuk pengganti trawl karena nelayan di wilayah itu yang pertama kali mengajukan usulan bantuan jaring kepada pemerintah pusat.

Kemudian dilanjutkan dengan pergantian alat tangkap trawal milik sebanyak 18 nelayan dari Kecamatan Teramang Jaya.

Ia mengatakan, hingga kini masih banyak nelayan di Kecamatan Teramang Jaya yang belum mengusulkan bantuan jaring untuk pengganti alat tangkap trawl.

Nelayan di wilayah tersebut sebelumnya telah sepakat untuk mengganti alat tangkap trawl apabila sudah ada pengganti alat tangkap miliknya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018