Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek direncanakan datang ke daerah itu guna meninjau aksi kader kesehatan setempat.

"Menteri Kesehatan punya rencana berkunjung ke Rejang Lebong, insya Allah pada tanggal 3 Mei ini. Menteri Kesehatan akan melihat aksi dari kader kesehatan yang ada di Rejang Lebong," kata Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Asli Samin di Rejang Lebong, Rabu.

Rencana kedatangan Menteri Kesehatan itu diketahuinya dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Namun, ia belum menerima surat resmi dari protokoler Kementerian Kesehatan.

Pihaknya akan segera mengumpulkan kader kesehatan atau yang disebut kader 211, yakni dua kader mendampingi satu program dalam satu dusun, dengan jumlah antara 3.000 sampai 5.000 orang dari total kader yang sudah terbentuk dengan jumlah mencapai 20.000 orang.

"Ibu Menteri ingin melihat kader pendamping gizi, kader pendamping kesehatan ibu dan anak, kader TB paru dan kader imunisasi," ujarnya.

Sejauh ini pihaknya masih melakukan persiapan untuk acara penyambutan kedatangan Menteri Kesehatan ke Rejang Lebong tersebut yang rencananya dipusatkan di Desa Sambirejo, Kecamatan Selupu Rejang.

Selain akan meninjau kader 211, nantinya Menteri Kesehatanjuga akan meresmikan pemakaian Puskesmas Sambirejo dan meninjau pembangunan Rumah Sakit Dua Jalur.

Sebelumnya Dinkes Rejang Lebong menggulirkan program pembentukan kader kesehatan sebanyak 20.000 orang, di mana mereka ini direkrut di setiap dusun atau RT sebanyak 28 orang tersebar pada 156 desa/kelurahan dalam wilayah kerja 21 Puskesmas di 15 kecamatan Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018